Gelang GPS Agar Tak Tersesat

By Pada : 27 Jan 2016, 10:15:45 WIB, - Kategori : Serba SerbiGelang GPS Agar Tak Tersesat

Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Abdul Jamil mengatakan, kuota Indonesia apakah tetap 168.800 atau bertambah 10 ribu, di putuskan 06 Maret. Saat itu merupakan waktu penetapan kuota haji dari seluruh penjuru dunia.

Jamil menjelaskan selain urusan kuota, Kemenag juga mematangkan persiapan haji lainnya. Diantaranya adalah melengkapi gelang haji dengan fasilitas GPS (Global Positioning System). Dengan ditempelnya fasilitas GPS, bisa melacak keberadaan Jemaah haji yang tersesat.

Peningkatan layanan lainnya adalah penambahan jumlah jadwal makan selama Jemaah berada di Mekah. Jamil mengatakan, tahun lalu Jemaah haji mendapatkan makan sebanyak 15 kali selama berada di Mekah. Tahun ini Kemenag merencanakan memberikan makan sebanyak 24 kali selama berada di Mekah.

Ketua Komisi VIII DPR Saleh Partaonan Daulay berharap Kemenag segera memastikan jumlah kuota haji. Sebab jumlah Jemaah sangat terkait dengan penetapan BPIH 2016. Menurutnya pelaksanaan ibadah haji setiap tahunnya selalu maju.